Senin, 21 November 2016

6 Makanan Khas Bengkulu

6 Makanan Khas Bengkulu  


  1. Rebung Asam Undak Liling
makanan khas bengkulu
Rebung Asam Undak Liling adalah salah satu makanan yang cukup unik yaitu sebuah makanan yang terbuat dari rebung atau tunas bamboo muda yang memiliki terkstur yang masih lunak.
Biasanya rebung diiris tipis-tipis lalu direndam dengan maksud untuk mendapatkan rekstur rebung yang lembut dan rasa keasaman yang pas. Setelah di rebus rebung ini digulai dan dicampur dengan mengguanakan liling.
Liling adalah siput sawah yang memiliki warna hitam. Belum selesai disutu rebung juga akan diberi bumbu seperti bawang, asam, cabe, tomat. Cara pemasakannya sangat biasa yaitu menggunakan air biasa yang dididhkan.
  1. Gulai
Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Gulai adalah sajian dari Bengkulu yang terbuat dari santan kelapa sabagi bumbu kuahnya lalu dicampur dengan sayuran, udang, ikan, dan lain-lain.
Lalu untuk bumbu kuahnya biasanya menggunakan cabai, kunyit, lengkuas, dan jahe. Dan sebagai penambah aroma biasanya ditambahkan daun salam, daun jeruk, daun serai, dan daun kunyit.
Di Bengkulu sendiri tedapat banyak sekali jenis gulai yaitu gulai tering, gulai timun, gulai rebung mani, gulai ikan palau, rebung ikan, dan gulai kambas.
  1. Lepek Binti
Lapek Binti merupakan sebuah makana ringan yang berasala dari kota Bengkulu. Kue ini memiliki dua bagian yaitu bagian kuilit dan bagian isi. bagian kulit dari kue ini terbuat dari garam, santan, tepung ketan.
Lalu diisi dengan bahan yang terbuat dari gilingan daging sapi yang sudah diolah dan dicampur dengan menggunakan bumbu khsusus seperti santan, daun salam, dan lengkuas. Dan semua isian serta kulit tadi dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara direbus.
  1. Bagar Hiu
Seperti namanya makanan ini tebuat dari bahan dasar ikan hiu. Ikan yang digunakan untuk makanan ini bisanya adalah hiu punai atau hiu tanduk. Bumbu yang dipakai untuk mengolah makanan ini adalah bawang putih, bawang merah, daun jeruk, daun salam, kunyit, dan lengkuas.
Yang unik dari makanan ini adalah tidak adanya santan kelapa walupun dalam makanan ini terdapat bahan kelapa. Katanya dahulu sewaktu pengasingan makanan khas Bengkulu yang satu menjadi makanan favorit bagi Ir. Soekarno,
  1. Lema
Lema merupakan sebuah makanan yang tebuat dari rebung yang dicincang lalu dicampur dengan ikan air tawar, seperti ikan sepat, mujair, ikan mas dan ikan-ikan lainya yang hidup di air tawar.
Setelah ikan dan rebung dicampur lalu diaduk untuk menjadikannya adonan. Setelah menjadi adonan makanan ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dibiarkan selama kurang lebih 3 hari untuk difermentasikan.
Setalah itu barulah makanan yang satu ini digoreng dan dihidangkan bersama nasi sebagai lauk.
  1. Pendap
Jika di daerah Jawa ada Botok maka di Bengkulu ada pendap. Pendap memiliki bentuk yang sama dengan botok karena dibungkus dengan daun.
Selain dari tampilan dari bahan-bahan pembuatan yang digunakan juga nyaris sama yaitu kelapa, dan daging yang membedakan adalah bumbunya. Pendap memiliki rasa yang lebis asam dan memiliki cita rasa yang kuat.

sumber
http://wisatatempat.com/makanan-khas-bengkulu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar